Siti Ghia Azzahra Ibrahim

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Jurusan Agroteknologi UMM

Pertama-tama saya akan menjelaskan Agroteknologi secara umum. Asal kata Agroteknologi diambil dari 2 kata, yaitu Agro dan Teknologi. ‘Agro’ merupakan ilmu yang mempelajari gejala dan fenomena yang terkait dengan pertanian baik itu secara teori maupun praktek dalam pengelolaan tanah serta produksi tanaman. Sedangkan kata ‘teknologi’ berkaitan erat dengan ilmu sains serta perekayasaan.

Awal mula saya berminat dengan jurusan ini karna pada saat Karya Tulis Ilmiah (KTI) di SMA, saya mengambil bidang pertanian. Dan saya merasa bahwa saya cocok dengan bidang pertanian. Karna saya menyukai Biologi dan lebih suka menghafal. Juga ada dukungan yang besar dari orang tua yang menyarankan saya untuk mengambil jurusan ini. Kebetulan ayah saya mempunyai usaha perikanan. Ayah saya ingin saya untuk belajar hal hal baru di jurusan ini, dan mengembangkan nya agar dapat dipadukan antara Pertanian dan Perikanan. Contoh nya seperti budidaya YuminaBumina (Aquaponik). Garis besar dari YuminaBumina ini adalah, penggabungan antara budidaya ikan sekaligus berkebun. Dan kebetulan pada saat KTI, saya membahas tentang YuminaBumina yang dapat di terapkan pada lahan sempit seperti di halaman rumah.

 

Kelebihan dari jurusan ini bagi saya adalah, peluang untuk menjadi wirausaha nya besar, dan kebetulan saya memang ingin membantu mengembangkan usaha ayah saya. Karna menurut pengalaman ayah saya selama menjalankan usaha, terbukti kalau menjadi ‘peternak ikan’ bukan berarti penghasilan nya tidak menguntungkan. Saya juga ingin membuktikan pada orang-orang diluar sana, bahwa menjadi seorang ‘petani’ bukan berarti tidak bisa sukses.

Silahkan buka artikel ini apabila ingin mengetahui tentang YuminaBumina lebih lanjut >https://kabartani.com/bumina-dan-yumina-teknik-baru-budidaya-ikan-sekaligus-berkebun.html

Silahkan buka link ini untuk melihat Jurusan Agroteknologi UMM > http://agroteknologi.umm.ac.id/

Note :

Photos by Google

Write by me

©Copyright ghiarara on livejournal [ http://ghiarara.livejournal.com/ ]

Add A Comment

© 2008 Siti Ghia Azzahra Ibrahim